Penulis (Buku, Novel, Content Writer)

Hai, Rupawan People! Jika kalian punya hobi menulis, coba deh buat menekuni kegiatan ini dengan lebih serius. Pasalnya kamu bisa mengandalkannya jadi profesi yang cuan banget, lho!

Penulis (Buku, Novel, Content Writer)

Apalagi, di era digital seperti saat ini, kebutuhan akan informasi menarik dalam bentuk tulisan juga cukup berkembang. Tak heran jika peluang kerja sebagai penulis pun sangat terbuka lebar.

Penulis sendiri merupakan seseorang yang menciptakan karya tulis secara menarik, baik dalam bentuk fiksi maupun non fiksi. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi, mendidik, maupun hiburan pada pembaca tulisannya. Mereka umumnya sangat terampil dalam mengolah kata-kata dalam bentuk tulisan, sehingga makna atau cerita yang dituliskan bisa sampai ke pembaca dengan baik.

Hasil tulisan yang dibuat oleh penulis biasanya menggambarkan isi pikiran dan juga perasaannya, lho. Bidang profesi penulis pun ย tidak sebatas teks dan buku saja, mereka pun bisa bekerja di berbagai industri dengan peran yang bervariasi. Beberapa penulis bahkan mampu mendapatkan popularitas dari karyanya, lho.

Contohnya saja dengan menulis novel maupun bekerja sebagai jurnalis, penulis skenario film maupun drama televisi. Selain itu, banyak yang bisa menghasilkan cuan dari menulis artikel majalah dan situs web, siaran pers, maupun membuat narasi untuk kebutuhan iklan. Menarik bukan?

Profil Industri Pekerjaan Penulis

Perkembangan teknologi digital saat ini ternyata membawa dampak yang positif dalam industri kepenulisan. Hal ini membuat permintaan akan penulis profesional di media online mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sehingga peluang kerjanya bisa dibilang cukup menarik untuk ditekuni lebih dalam. Namun di sisi lain, peningkatan peluang kerja juga membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat. Bahkan, hampir di semua sektor kepenulisan, pasti selalu ada kompetisi di dalamnya.

Profesi yang satu ini berbasis freelance dimana sistem kerjanya jauh lebih fleksibel, sehingga kamu bebas bekerja dari mana saja dan tidak terikat dengan jam kerja. Hanya saja, kamu tetap perlu disiplin dalam mengatur waktu kerja, ya.


Serba-serbi Pekerjaan Penulis yang Harus Kamu Ketahui

Meskipun masih dianggap sebelah mata, ย nyatanya profesi sebagai penulis tetap jadi pilihan pencari kerja, terutama lulusan baru. Pernah dengar nama J.K Rowling? Penulis novel serial Harry Potter ini dulunya juga sempat mendapat banyak cibiran dan karyanya pun ditolak. Tapi kini dia menjadi salah satu penulis novel terlaris sepanjang masa dengan kekayaan yang fantastis.

Tentunya kamu pun ingin seperti dia, bukan? Tapi sebelum itu, yuk simak serba-serbi tentang profesi penulis berikut ini.

๐Ÿ˜Š Minat yang Dibutuhkan Sebagai Seorang Penulis

Siapapun memang bisa menjadi seorang penulis, namun hanya mereka yang punya minat lah yang berpeluang berhasil di profesi ini. Lantas minat apa saja yang diperlukan? Berikut beberapa di antaranya,

  • Penulisan. Bagi sebagian orang, kegiatan menulis adalah hal yang cukup membosankan. Namun, jika kamu ingin menjadi seorang penulis, maka minat ini perlu kamu miliki sebagai pondasi utama.
  • Bahasa. Memahami bahasa akan membantu memudahkan mengembangkan ide dalam suatu karya tulisan. Sehingga, minat dalam hal bahasa juga perlu dimiliki untuk membantu mengolah kata-kata penuh makna.
  • Membaca (memperbanyak literatur). Agar bisa menghasilkan sebuah karya tulisan, inspirasi dan informasi pendukung sangatlah dibutuhkan. Hal ini bisa diperoleh dengan sering-sering membaca buku maupun literatur yang lainnya.
  • Seni pertunjukan dan drama. Minat ini juga cukup berkaitan dengan profesi penulis. Karena dalam pertunjukan seni dan juga drama diperlukan adanya naskah cerita yang tentunya dihasilkan oleh seorang penulis.

๐ŸŽ“ Kualifikasi untuk Menjadi Seorang Penulis

Siapa saja dengan background apa saja bisa menjadi seorang penulis, lho. Namun tetap ada kualifikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di profesi ini. Apalagi jika ingin bekerja secara profesional dan mendapatkan benefit yang lebih baik.

Sebagian orang bisa memiliki gelar lebih tinggi di bidang penulisan kreatif atau profesional, tapi tidak sedikit yang bekerja tanpa mendapatkan pelatihan secara formal. Artinya, banyak penulis yang memang memiliki kemampuan menulis secara otodidak alias belajar sendiri.

โ›ฑ๏ธ Gaya Hidup Seorang Penulis

Sebagian besar penulis merupakan pekerja yang bekerja secara mandiri (self-employed), dan mereka mengatur sendiri jam kerjanya. Sehingga, profesi ini bisa dibilang cukup fleksibel dan bisa dikerjakan bersamaan dengan pekerjaan yang lain.

Namun, meski bisa mengatur sendiri kapan waktu bekerja atau kapan libur, biasanya mereka tetap harus bisa memenuhi tenggat waktu yang diberikan kliennya. Sehingga, pekerjaan ini memerlukan manajemen waktu yang baik dan disiplin, agar pekerjaan tidak terbengkalai.

๐Ÿง‘โ€๐Ÿ’ป Lokasi Tempat Kerja Seorang ย Penulis

Tergantung dari jenis pekerjaan yang diambil, umumnya seorang penulis bisa bekerja di kantor, perpustakaan, coworking space maupun di rumah sendiri. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan yang diambil, apakah pekerjaan full time atau freelance. Namun, terkadang mereka juga perlu melakukan perjalanan untuk berjumpa dengan klien maupun melakukan wawancara dengan narasumber.

๐ŸŽฏ Fakta dan Realita Pekerjaan Penulis

Perlu diketahui bahwa penghasilan seorang penulis bisa sangat tidak terduga, apalagi jika mereka menjadi seorang penulis novel laris. Hal ini hampir sama dengan beban kerja yang harus mereka tanggung dan tekanan emosional yang dirasakan.

Menulis merupakan pekerjaan yang bisa membuat seseorang terisolasi, sebab kegiatan menulis membutuhkan suasana yang tenang dan minim gangguan. Sehingga, kebanyakan penulis memilih menyendiri ketika harus menyelesaikan karyanya, mereka juga membutuhkan ketekunan yang besar.


Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Penulis

Meskipun 'cuma' menulis, tapi kamu juga harus punya skill yang mendukung kegiatan ini. Agar, pembaca bisa lebih mudah mengerti dan memahami isi karya yang kamu tulis. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar sesuai PUEBI, lho. Jadi bukan asal menulis, apalagi jika kamu memutuskan untuk fokus dengan tulisan ilmiah atau jurnal. Berikut ini beberapa skill yang perlu dimiliki oleh seorang penulis, apapun bidang profesi yang ditekuninya.

  • Keterampilan menulis dan komunikasi. Skill ini sangat dibutuhkan agar lebih memudahkan dalam membuat tulisan yang nyata, mudah dibaca dan dipahami pembaca.
  • Memiliki kreativitas yang tinggi. Hal ini penting untuk menciptakan sebuah cerita maupun karakter, termasuk dalam menjelaskan suatu tema, atau topik tertentu yang ingin diangkat.
  • Mampu menghadapi kritikan. Ketika hasil tulisan mendapatkan kritikan karena dianggap kurang sesuai, baik oleh klien maupun penerbit, pasti akan muncul emosi negatif. Disinilah pentingnya kemampuan untuk mengontrol emosi saat menghadapi kritik dan penolakan.
  • Kemampuan mengoperasikan komputer dan software. Skill ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalam kegiatan kepenulisan dan membuatnya jadi lebih efisien.
  • Paham dengan sosial media. Skill ini akan membantu kamu untuk mempromosikan kemampuan menulis dan membuka peluang bertemu dengan klien potensial.
  • Keterampilan berorganisasi. Ini dibutuhkan agar kamu mampu mengelola jadwal dan pekerjaan yang masuk ketika bekerja secara mandiri atau freelance.
  • Fokus dengan detail. Ini untuk memastikan bahwa penulisan teks akurat dan bebas dari kesalahan tata bahasa maupun ejaan. Sebab, kesalahan kecil dalam ejaan bisa mengubah makna dan membuat tulisan jadi kurang nyaman dibaca.

Jenjang Karir Pekerjaan Penulis

Mayoritas penulis bekerja secara freelance, biasanya mengkhususkan diri dalam satu jenis bidang atau tema tulisan, mulai dari buku anak-anak hingga panduan teknis. Sebagaimana halnya sebagian pekerjaan kreatif yang lainnya, hampir tidak ada struktur karir secara formal di bidang ini.

Beberapa orang bahkan bisa menjadi seorang penulis hampir tanpa melalui pelatihan apapun. Reputasi, bakat, dan pengalaman dalam menulis lebih diperhitungkan melebihi kualifikasi apa pun. Kamu bahkan tak harus memiliki gelar pendidikan apapun ketika ingin menjadi seorang penulis. Jadi profesi ini sangat terbuka untuk siapa saja dari berbagai background pendidikan, usia maupun gender.

๐Ÿ’ผ Mengawali Karir Sebagai Penulis dengan Menjadi Blogger

Tak seperti bidang profesi lainnya, berkarir sebagai penulis bisa dibilang cukup mudah dilakukan. Apalagi di era digital yang memang sangat mendukung pengembangan karir menulis, karena kamu bisa mulai menulis di blog pribadi. Tema tulisan pun bisa beragam, namun pastikan kamu nyaman, menguasai materi tulisan dan berkarya dengan jujur.

Hal tersebut akan memberi kamu kesempatan untuk mengembangkan keterampilan menulis yang lebih baik. Selain menulis di blog pribadi, kamu juga bisa mengajukan karya ke penerbit online atau media cetak, lho. Jika tulisanmu sesuai dengan kriteria mereka, bukan tidak mungkin kamu bakal mendapatkan komisi dengan jumlah yang menarik.

๐Ÿ’ผ Lulus Pendidikan Tinggi

Meskipun tanpa gelar pendidikan, kamu tetap bisa berkarya sebagai penulis dan menghasilkan cuan. Namun dengan memiliki gelar pendidikan, terutama jurusan bahasa, bahasa Inggris atau penulisan kreatif akan sangat membantu. Terutama, dalam penggunaan tata bahasa, referensi penulisan, inovasi, ide dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, tidak ada batasan jurusan perkuliahan apa yang harus kamu pilih jika ingin berkecimpung di dunia tulis-menulis. Hanya saja, memang jurusan tertentu bisa membantu kamu untuk lebih jauh mengenal tentang materi atau subjek penulisan.

๐Ÿ’ผ Berkarir Sebagai Penulis

Sebagian orang banyak yang menulis untuk penerbit sesuai keahliannya, apakah menulis buku anak-anak, buku pelajaran, buku cerita, novel dan lain sebagainya. Sementara yang lain menulis secara spekulatif, berharap bisa menjual hasil karya yang telah selesai mereka buat. Biasanya mereka ini seorang penulis idealis dan tidak terlalu memikirkan materi.

Untuk penulis yang sudah berpengalaman akan lebih mudah menemukan pekerjaan di berbagai bidang. Berikut ini beberapa bidang karir dalam penulisan, antara lain.

  • Reviewer, mereka menganalisis berbagai karya seni, termasuk buku, film, dan pertunjukan teater, kemudian memberikan kritik secara objektif melalui surat kabar, majalah dan jurnal baik offline maupun online.
  • Penyair, mereka mengungkapkan emosi atau menceritakan sebuah cerita melalui syair. Beberapa penyair memang menuliskan syair buatannya dengan tujuan untuk diterbitkan menjadi buku. Sementara yang lainnya memilih untuk tampil membawakan karyanya secara langsung di depan penonton.
  • Penulis Novel, mereka menulis sebuah cerita fiksi untuk menghibur para pembaca. Genre dari novel pun cukup banyak, dari drama percintaan, horor hingga fiksi ilmiah.
  • Screenwriter atau penulis naskah, mereka menulis naskah untuk film layar lebar maupun produksi TV. Terkadang mereka mengadaptasi karya-karya yang sudah ada untuk divisualisasikan secara nyata. Mereka pun juga bisa menuliskan naskah pidato untuk para pemimpin bisnis hingga politisi.
  • Proofreader, mereka memeriksa keakuratan suatu hasil tulisan sebelum dipublikasikan, misalnya karya tulisan ilmiah seperti esai, jurnal dan sejenisnya. Beberapa hal yang diperiksa, mulai dari ejaan penulisan, tata bahasa, hingga konsistensi dokumen sebelumnya.
  • Editor Konten Website, mereka menulis dan meneliti sekaligus mengumpulkan gambar untuk dipublikasikan di situs web. Mereka juga memastikan bahwa konten yang dibuat cukup akurat dan tersusun dengan rapi dan baik sesuai ketentuan. Selain itu, juga memeriksa apakah link yang ada di laman tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Profesi sebagai penulis ternyata bisa jadi karir yang prestisius jika ditekuni secara serius, ya Rupawan People! Banyak nama penulis sukses yang bisa jadi inspirasi, sebut saja J.K. Rowling yang sukses dengan serial novel Harry Potter hingga dibuat versi filmnya. Sementara di tanah air, ada Andrea Hirata, Dwi Lestari, Taufik Ismail, Buya Hamka, dan masih banyak lagi yang bisa jadi inspirasi.

So, buat Rupawan People yang punya mimpi menjadi penulis terkenal, mulailah untuk menyusun mimpi dari sekarang, ya! Terus berusaha meskipun awalnya sulit, karena kamu tak akan tahu hasil akhirnya jika tidak pernah mencoba. Keep it up!

Profesi Terkait Penulis

Editor (Buku, Artikel dan Majalah)
Halo, Rupawan People! Tau gak sih, kalau dibalik suksesnya sebuah buku di pasaran, ternyata ada peran dari seorang editor, lho.
Jurnalis / Wartawan
Jurnalisme merupakan kegiatan mengumpulkan dan menganalisis informasi, kemudian menghimpun fakta dan melaporkan suatu peristiwa terkini dalam suatu konten berita

FAQ Terkait Profesi Penulis

๐Ÿค” Apakah ada penerbit yang menerima naskah penulis pemula?

Ada kok, dan hampir semua penerbit terkemuka di Indonesia menerima hasil tulisan penulis pemula, seperti

  • Gramedia Pustaka Utama
  • Mizan Pustaka
  • Bentang Pustaka
  • Erlangga
  • Republika.

๐Ÿค” Untuk menerbitkan buku ke penerbit apakah harus bayar?

Gratis kok! Bahkan kita akan dibayar oleh penerbit dan mendapatkan royalti. Kecuali kamu ingin menerbitkan buku kamu secara indie, kamu perlu biaya seperti:

  • Biaya cetak
  • Cover dan editing konten
  • ISBN

๐Ÿค” Bagaimana cara mengurus ISBN?

Akses alamat website isbn.perpusnas.go.id, dan ikuti prosedur-prosedurnya

๐Ÿค” Fungsi ISBN itu untuk apa?

ISBN (International Standard Book Number) adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik, angap aja ini seperti KTP-nya si buku lah

๐Ÿค” Apakah ISBN penting?

Penting banget, karena ini terkait legalitas. Ibarat kamu ga punya KTP pasti hidup kamu akan sulit kalo mau ngurus sesuatu.